Tuesday, February 8, 2011

MEMAHAMI PRINSIP PEMBELAJARAN

Oleh: Dr Burhanuddin Abdul Jalal

Berdasarkan bengkel kemahiran pengajaran dan pembelajaran yang dihadiri minggu lalu, dapat difahami beberapa prinsip yang berhubung dengan pembelajaran. Pada dasarnya pembelajaran adalah sebagai usaha memperoleh perubahan perilaku. Ini bermaksud ciri utama proses pembelajaran adalah perubahan perilaku dalam diri individu. Ertinya seseorang yang telah mengalami pembelajaran akan berubah perilakunya. Tetapi tidak semua perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

Perubahan yang disedari. Individu yang melakukan proses pembelajaran menyedari bahawa pengetahuannya telah bertambah, ketrampilannya telah bertambah serta lebih yakin terhadap dirinya sendiri.
Perubahan yang bersifat berteruan. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran akan berlangsung secara berkesinambungan, ertinya suatu perubahan yang terjadi menyebabkan terjadinya perubahan perilaku yang lain.
Perubahan yang bersifat fungsional. Perubahan yang telah diperoleh sebagai hasil pembelajaran memberikan manfaat bagi individu yang lain.
Perubahan yang bersifat positif. Berlaku disebabkan pertambahan perubahan dalam diri individu. Perubahan yang diperoleh senantiasa bertambah sehingga berbeda dengan keadaan sebelumnya. Orang yang telah belajar akan merasakan sesuatu yang lebih luas dalam dirinya.
Perubahan yang bersifat aktif. Perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, akan tetapi melalui aktivitas individu. Perubahan yang terjadi karena kematangan, bukan hasil pembelajaran karena terjadi dengan sendirinya, sesuatu dengan tahap-tahap perkembangannya. Dalam kematangan, perubahan itu akan terjadi dengan sendirinya meskipun tidak ada usaha pembelajaran.
Perubahan yang bersifat tetap. Perubahan yang terjadi sebagai hasil pembelajaran akan berada secara kekal dalam diri individu, setidak-tidaknya untuk masa tertentu. Ini bererti bahawa perubahan yang bersifat sementara, seperti sakit, keluar air mata karena menangis, berkeringat, mabuk, bersin atau sebagainya adalah bukan perubahan sebagai hasil pembelajaran, karena bersifat sementara saja.
Perubahan yang bertujuan dan terarah. Perubahan itu terjadi karena ada sesuatu yang akan dicapai. Dalam proses pembelajaran, semua aktivitas terarah pada pencapaian suatu tujuan tertentu.

No comments:

LAHIRKAN RAMAI CENDEKIAWAN MUSLIM HADAPI PERANG PEMIKIRAN

Arikel yang telah disiarkan dalam Ruangan Agama BERITA HARIAN - 28 Januari 2024 (Ahad). Selamat membaca .